Mengenai Saya

Foto Saya

Lahir pada taggal 24 sep 1993,sedang menimba ilmu di STAIN JURAI SIWO METRO LAMPUNG Angkatan 2011, jurusan syariah di ekonomi islamm

saya ingin menciptakan lapangan pekerjaan bagi generasi bangsa, membagun ekonomi islam yang benar2 rabbani, merangkai mimpi pasti bersama 7 sahabat saya

Jumat, 21 Desember 2012

Pengertian BMT Dan perkembangannya.

Pengertian BMT Dan perkembangannya

Blog ini berisi tentang share saya kepada Rekan-Rekan agar mampu ikut serta dalam mewujudkan Ekonomi Rabbani di negri ini,, sebagai penerus bangsa sudah sepatutnya membagi ilmu mengenai Ekonomi islam itu sendiri........ 

A. Pengertian BMT
Baitul Mal Wa Tamwil (BMT) terdiri dari dua istilah, yaitu baitul mal dan baitut tamwil. Baitul maal lebih mengarah pada usaha-usaha pengumpulan dan penyaluran dana yang non profit, seperti zakat, infak dan shodaqoh. Sedangkan baitut tamwil sebagai usaha pengumpulan dan dan penyaluran dana komersial (Prof. H A. Djazuli:2002).
BMT merupakan koperasi berbasis syariah, dimana dalam penerapan produk-produk yang dijalankan memakai sistem yang syar'i, BMT juga berbadan hukum koperasi.
BMT merupakan lembaga keuangan syariah non Bank, dan memilik beberapa peran yaitu...
Untuk mewujudkan masyarakat adil dan efisien, maka setiap tipe dan lapisan masyarakat harus terwadahi, namun perbankan belum bisa menyentuh semua lapisan masyarakat, sehingga masih terdapat kelompok masyarakat yang tidak terfasilitasi yakni:
1. Masyarakat yang secara legal dan administrative tidak memenuhi kriteria perbankan. Prinsip kehati-hatian yang diterapkan oleh bank menyebabkan sebagian masyarakat tidak mampu terlayani. Mereka yang bermodal kecil dan penghindar resiko tersebut, jumlahnya cukup signifikan dalam Negara-negara muslim seperti Indonesia, yang sebenarnya secara agregat memegang dana yang cukup besar.
2. Masyarakat yang bermodal kecil namun memiliki keberanian dalam mengambil resiko usaha. Biasanya kelompok masyarakat ini akan memilih reksa dana atau mutual fund sebagai jalan investasinya.
3. Masyarakat yang memiliki modal besar dan keberanian dalam mengambil resiko usaha. Biasanya kelompok ini akan memilih pasar modal atau investasi langsung sebagai media investasinya.
4. Masyarakat yang menginginkan jasa keuangan non-investasi, misalnya pertanggungan terhadap resiko kekurangan likuiditas dalam kasus darurat, kebutuhan dana konsumtif jangka pendek, tabungan hari tua, dan sebagainya. Kesemua produk tersebut tidaklah ditawarkan oleh perbankan (karena regulasi perbankan yang juga membatasinya). Sebagai alternatifnya, kelompok masyarakat tersebut akan menggunakan jasa asuransi, pegadaian dan dana pension sebagai pilihan investasinya.
B. Fungsi Baitul Maal Wa Tamwil (BMT)
1. Penghimpun dan penyalur dana, dengan menyimpan uang di BMT, uang tersebut dapat ditingkatkan utilitasnya, sehingga timbul unit surplus (pihak yang memiliki dana berlebih) dan unit defisit (pihak yang kekurangan dana).
2. Pencipta dan pemberi likuiditas, dapat menciptakan alat pembayaran yang sah yang mampu memberikan kemampuan untuk memenuhi kewajiban suatu lembaga/perorangan.
3. Sumber pendapatan, BMT dapat menciptakan lapangan kerja dan memberi pendapatan kepada para pegawainya.
4. Pemberi informasi, memberi informasi kepada masyarakat mengenai risiko keuntungan dan peluang yang ada pada lembaga tersebut
C. PERKEMBANGAN BMT SAAT INI
Jika melihat keadaan saat ini maka jelas BMT memiliki peran yang sangat penting dalam masyarakat, tidak hanya itu kebeeradaan BMT saat ini sangat membantu masyarakat khususnya kalangan menengah ke bawah yang ingin mandiri bersama-sama.
saat ini semakin hari BMT menjadi satu lembaga keuangan yang cukup menjadi perhatian dan memiliki kemenarikan di kalagan masyarakat, sangat banyak bermunculan BMT baru di kalangan masyarakat, bahkan tidak hanya itu perkembangan BMT juga sangat pesat.
semoga dengan produk-produk yang syar'i dalam penerapan di dalalamnya BMT mampu membawa msyarakat ke dalam seatu sub kehidupan yang mandiri.
dalam hal ini semoga BMT akan tetap axiz menjadi suatu lembaga keuangan syariah yang terus baik dan menjadi primadona masyarakat untuk mengembangkan karakter usahanya.
 
ini foto-fotoku bersama Rekan-rekan BMT yang sedang ku rintis, semoda dapat memberi motivasi yaa...
 



Saat acara Pegesahan dan makan bersama...

Saat Rapat pertama..










 


 BMT Merupakan suatu penerapan dari teori ekonomi islam, sebagai wadah pennyalur masyarakat agar dapat menyalurkan dan ikut serta mandiri dalam kesejahtraan bersama.
BMT semoga dapat menjadi koperasi berbasis syariah yang dapat selalu menjadi aspirasi bagi masyarakat untuk bersama-sama mengembangkan jiwa kemandirian.

AL-ISAM semoga dapat menjadi salah sati BMT yang mampu terus berjuang, mengupayakan yang terbaik untuk masyarakat, BMT yang terdiri dari seluruh anggota tetap yang menimba ilmu di ekonomi islam semoga dapat menjadi satu BMT yang benar-benar syar'i dan berkembang dengan baik.


semoga dapat memberi motivasi yaa....  


 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar